Lebih dari 300 warga Desa Karanganyar turut dalam Pawai Karnaval tingkat Kecamatan Karanganyar. Dengan mengusung tema Keanekaragaman Bangsa, pasukan warga Desa Karanganyar yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat ini terlihat paling panjang dibandingkan pasukan dari Instansi, Sekolah maupun Desa lainnya se Kecamatan Karanganyar. Kepala Desa Karanganyar, Tofik pun memimpin langsung pasukan warga Desa Karanganyar dan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Desa Karanganyar Ny. Yeni Ernawati Tofik. Anggota DPRD Kabupaten Purbalingga Dapil 1 yang merupakan warga Desa Karanganyar, H. In’am Birohamatillah juga ikut barisan terdepan bersama Kepala Desa Karanganyar dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Karanganyar.
“Ini adalah perwujudan semangat Warga Desa Karanganyar dalam memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI. Dan dengan semangat ini diharapkan akan menumbuhkan jiwa patriotisme warga. Sebab untuk mencapai Visi Bersama menuju Karanganyar yang Bermartabat, Mandiri dan Berakhlakul Karimah, Misi pertama kami adalah Menanamkan jiwa patriotisme, untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Kepala Desa Karanganyar.


Dikatakan juga bahwa dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan, segenap masyarakat Desa Karanganyar juga telah menyelenggarakan berbagai kegiatan di masing-masing wilayah Dusun. Adadpun kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan mulai tanggal 1 Agustus adalah kebersihan tingkat RT, pemasangan Bendera Merah Putih, layur dan umbul-umbul, pengecatan garis tepi jalan, pembuatan gapura masuk wilayah, lomba-lomba dan Malam Tasyakuran pada malam 17 Agustus 2017. “Untuk kebersihan RT, pemasangan bendera Merah Putih, umbul-umbul/layur, gapuran dan kegiatan-kegiatan lain kita adakan penilaian per RT dari tingkat desa. Dan yang terbaik atau termeriah satu, dua dan tiga akan kita berikan hadiah, agar warga semangat,” ungkap Tofik.
Pawai dan Karnaval yang diselenggarakan oleh Panitia Peringatan HUT ke 72 Proklamasi Kemerdekaan Tingkat Kecamatan Karanganyar Tahun 2017 ini berlangsung pada 19 Agustus 2017. Dimulai Start dari Lapangan Desa Karanganyar menuju Desa Jambudesa dan Finish di depan SDN 1 Karanganyar, Pawai jalan kaki ini menempuh jarak kurang lebih 5 KM.