PURBALINGGA – Penjabat (Pj) Bupati Purbalingga Drs Budi Wibowo MSi memenuhi janjinya, untuk menertibkan alat peraga kampanye (APK) pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati, yang melanggar aturan. Setelah mendapatkan rekomendasi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purbalingga, Pj Bupati memerintahkan, tim dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purbalingga, untuk menertibkan APK tersebut, kemarin (28/8).
“Kami sudah mendapatkan rekomendasi dari Panwaslu. Sehingga, kami langsung bertindak menertibkan APK, yang dianggap melanggar aturan oleh Panwaslu, mulai hari ini (kemarin, red),” ujar Kasi Dalops Satpol PP Kabupaten Purbalingga Teguh Sungkono, ditemui disela-sela penertiban di Jembatan Sungai Klawing.
Dia menjelaskan, penertiban APK yang dianggap melanggar aturan, menurut rekomendasi Panwaslu tersebut, tidak mungkin diselesaikan dalam satu hari. Sehingga, rencananya Satpol PP akan mengumpulkan Kasi Trantib Kecamatan dan Panwaslu, untuk membahas penertiban APK tersebut. Kegiatan tersebut, rencananya digelar Senin (31/8) pekan depan.
“Jumlahnya sangat banyak, dan lokasinya juga tersebar di seluruh desa di wilayah Kabupaten Purbalingga. Selain itu, berdasarkan rekomendasi Panwaslu, kami juga diminta menertibkan stiker paslon yang ada di rumah-rumah. Tentunya, kalai hanya ditertibkan oleh Satpol PP tidak akan selesai. Sebab, personel kami terbatas,” jelasnya.
Sebelumnya, terkait APK, yang dipasang oleh tim pemenangan paslon, yang saat ini bertebaran di berbagai wilayah. Pj Bupati Purbalingga Drs Budi Wibowo MSi mengaku, akan segera menurunkan alat peraga kampanye tersebut. Sebab, hal itu menjadi salah satu kesepakatan yang terjadi saat pertemuan KPU, Panwaslu, Desk Pilkada dan Pj Bupati di ruang kerja bupati, Kamis (27/8) lalu.
Namun, hal itu juga sesuai dengan prosedur yang ada, yakni Panwaslu terlebih dahulu mengirimkan surat kepada tim pemanangan paslon. Jika dalam 1 x 24 jam tidak diturunkan oleh tim pemenangan paslon. Maka, sesuai dengan rekomendasi dari Panwaslu, pihaknya melalui Satpol PP akan menertibkan.

sumber : www.radarbanyumas.co.id