Radio Komunitas Lentera FM Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Purbalingga mengikuti Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) bersama Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah. Acara diselenggarakan di Rumah Makan Pringsewu Tegal pada Selasa, 25 Juli 2017. Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) yang diselenggarakan oleh KPID Jawa Tengah ini merupakan salah satu tahapan kegiatan dalam rangka permohonan ijin penyelanggaraan siaran Radio Komunitas.
Radio Komunitas Lentera FM ini diprakarsai oleh Gerakan Pemuda Ansor Ranting Desa Karanganyar yang kemudian membentuk Lembaga Penyiaran Komunitas Suara Pemuda Anshor.
Radio yang sudah dirintis sejak tahun 2012 ini melalui Radio Streaming atau radio Internet, juga dikelola sebagai media informasi oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Lentera Desa Karanganyar, yaitu sebuah kelompok relawan atau pegiat diseminasi informasi masyarakat yang dibina oleh Dinas Komunikasi da Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purbalingga.

Ketua Pendiri yang juga Ketua KIM Lentera, Pujiarto mengatakan bahwa perjuangan panjang sudah dilewati untuk mendirikan Radio Komunitas Lentera FM, sebab pendirian radio ini mengandalkan relawan-relawan yang tidak hanya mencurahkan tenaga dan pikiran, tetapi juga biaya secara swadaya.
Pujiarto juga menerangkan bahwa proses perijinan Radio Komunitas cukup panjang, mulai dari pendirian Lembaga Penyiaran di hadapan Notaris, penggalangan dukungan dari masyarakat atau anggota komunitas dan penyusunan administrasi permohonan. Dukungan masyarakat atau anggota komunitas yang dibutuhkan pun tidak sedikit, yaitu dibuktikan dengan tanda tangan dan fotocopy KTP sejumlah 250 orang.
Dalam kesempatan yang sama, sekretaris KIM Lentera yang juga Kepala Desa Karanganyar, Tofik menyampaikan harapan bahwa nantinya Radio Komunitas Lentera ini akan berfungsi sebagai media keterbukaan informasi Pemerintah Desa Karanganyar. Tofik menyebutkan bahwa banyak program acara Radio Komunitas Lentera FM yang dialokasikan untuk penyampaian informasi dan media diskusi antara Pemerintah dengan masyarakat. Bahkan ada acara khusus untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Karanganyar, terutama yang berkaitan dengan pembangunan.
Radio Komunitas Lentera ini diusulkan akan memancar di Frekuensi 107,70 MHz sesuai dengan jatah alokasi frekuensi Radio Komunitas yang diberikan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika RI