Cerita sukses kerajinan batu akik Klawing rupanya dapat ditransfer dalam sebuah pementasan seni tradisional seperti yang dipersembahkan oleh Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Purbalingga. Booming batu akik Klawing ini diangkat dalam cerita berjudul Nagasui yang berkolaborasi dengan musik calung.

“Pesan yang disampaikan adalah usaha dibidang kerajinan batu yang menjadi ikon Purbalingga agar dapat lebih maju lagi. Namun pengelolaanya tidak sampai merusak alam dan lingkungan,” ujar sang sutradara Haryono Sukiran disela-sela seleksi pertunjukan rakyat FK Metra se Bakorwil III, di Pendapa Dipokusumo Purbalingga, Selasa (24/3/2015).

Selain Purbalingga, seleksi yang diselenggarakan FK Metra Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, diikuti juga oleh FK Metra Kabupaten Temanggung, Pekalongan, dan Purworejo. Sedangkan FK Metra Kabupaten Batang tak mengirimkan delegasinya.

Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto, saat membuka acara itu menuturkan, seni tradisional masih sangat dibutuhkan sebagai media penyampai informasi. Menurutnya, kegiatan yang diselenggarakan oleh FK Metra perlu lebih ditingkatkan sebagai tontonan dan tuntunan bagi masyarakat.

“Agar dapat dinikmati oleh masyarakat lebih banyak lagi, maka kalau tahun depan Purbalingga menjadi tuan rumah lagi, akan kita tempatkan di area publik seperti di Mahesa Jenar (GOR-red) atau lainnya,” kata Bupati.

Sementara, Sekretaris FK Metra Provinsi Jawa Tengah Daniel Hakiki meminta jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat memanfaatkan potensi kegiatan FK Metra di daerah dalam mempublikasikan program-programnya. Menurutnya, tidak ada satupun SKPD yang tidak berkeinginan mempublikasikan programnya.

“Saya kira rakyat mempunyai hak untuk mendapatkan informasi program kerja SKPD. Disisi lain para pelaku kesenian mempunyai kesempatan untuk tampil dan mengekpresikan jiwa seninya,” katanya.

Menurutnya, seleksi pertunjukan rakyat dilaksanakan di tiga tempat yakni putaran pertama di Kabupaten Tegal, putaran kedua Kabupaten Sragen dan terakhir untuk wilayah Bakorwil III diselenggarakan di Kabupaten Purbalingga.

“Purbalingga pernah meraih kejuaraan. Mudah-mudahan tahun ini kita kembali menjadi juara,” ujar Kepala Dinhubkominfo Purbalingga Jonathan Eko Nugroho.

Kedepan, Jonathan berharap, keberadaan FK Metra mampu lebih aktif dalam memberikan pemahaman kepada kelompok kesenian yang tergabung dalam FK Metra. Tujuannya, agar dalam setiap penampilan kesenian tradisional mampu memberikan muatan informasi terkait program pemerintah yang perlu disosialisasikan.

 

Sumber : purbalinggakab.go.id