Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Khusus dilaksanakan Pemerintah Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga di Balai Desa Karanganyar, Senin, 18 Mei 2020.
Musyawarah Desa Khusus mengagendakan Validasi, Finalisasi, dan Penetapan Data Rumah Tangga Calon Penerima BLT-Dana Desa yang dipimpin oleh Kepala Desa Karanganyar, Tofik dan dihadiri oleh Kasi PMD Kecamatan Karanganyar, Pemerintah Desa, BPD, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, dan Relawan Desa Lawan COVID-19 serta unsur lain yang terkait di desa.

Dalam Musyawarah Desa Khusus tersebut disepakati bahwa Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan pengalokasian Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2020 dilakukan perubahan dengan memfokuskan penanganan Penanggulangan Darurat Bencana Pandemi Covid-19.

Selain itu juga dibahas mengenai Perubahan Kegiatan Dana Desa Tahun 2020 dan Penetapan Perubahan Kegiatan Dana Desa tahun 2020, diantarnya adalah mengalihkan Dana Bidang Pembangunan Sub Bidang Pariwisata Desa sebesar 358 juta ke Bidang Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat dan Mendesak Desa.

Dalam musyawarah ini disampaikan pula bahwa Pemerintah Desa Karanganyar telah melakukan verifikasi data untuk pengajuan Bantuan ke Dinas Sosial (Dinsos) Purbalingga untuk mendapatkan bantuan Paket Sembako. Lebih dari 700 KK yang diajukan diluar bantuan PKH sebanyak 290 KK, BPNT 130 KK serta Perluasan BDT sebanyak 100 KK.

“Saat ini mayoritas masyarakat menyatakan diri terdampak Covid-19. Kita semua sangat mengapresiasi kinerja Relawan Gusus Tugas Covid-19 Desa melalui seluruh Ketua RT yang telah berjuang melakukan pendataan serta verifikasi. Semoga segala jenis pengajuan dapat segera terealisasi untuk mencukupi kebutuhan masyarakat yang terdampak Covid-19 ini,” ungkap Tofik, Kepala Desa Karanganyar