Yth. Pegiat Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) Se-Jawa Tengah,

Salam sejahtera untuk kita semua.

Perkenalkan, kami dari Pengelola LAPOR! di Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP).

Pada kesempatan ini kami ingin berbagi informasi tentang salah satu inisiatif UKP-PPP, yaitu LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat).

LAPOR! merupakan sebuah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial pertama dari pemerintah Indonesia yang telah terintegrasi dengan 80 Kementerian dan Lembaga serta 5 Pemda yaitu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, dan ditambah juga dengan sejumlah BUMN.
(Contoh Pemanfaatan LAPOR! di Pemda: Partisipasi Kepala Daerah – https://lapor.ukp.go.id/id/1110970 ; Pemberitaan Media Massa – http://regional.kompas.com/read/2014/05/13/1833324/Ridwan.Kamil.Senang.Program.Lapor.Efektif )

LAPOR! diinisiasikan untuk melibatkan seluas-luasnya partisipasinya masyarakat dalam pengawasan pembangunan dan layanan publik dengan mengedepankan kemudahan, yakni pelaporan melalui situs berbasis media sosial http://lapor.ukp.go.id, SMS 1708 (tarif normal dari seluruh operator), dan aplikasi mobile untuk Android dan BlackBerry. Tentang LAPOR! ringkasnya dapat disimak dalam video: http://youtu.be/tk3vOGSwl0A.

Hingga Agustus 2014, LAPOR! menerima rata-rata lebih dari 1.000 laporan per harinya dari seluruh Indonesia dengan jumlah pengguna lebih dari 250,000 akun. Tindak lanjut dari pemerintah atas laporan masyarakat juga dapat bersama-sama kita kawal penuntasannya melalui situs http://lapor.ukp.go.id. Guna menjaga akuntabilitas sistem, LAPOR! juga telah bekerjasama dengan Ombudsman Republik Indonesia untuk memantau laporan masyarakat yang ada.

Pada bulan Juni 2013, LAPOR! meraih tiga besar nominasi Government Web Award dalam Bubu Awards v.08 dan pada bulan Oktober 2013, LAPOR! dipresentasikan di ajang Open Government Partnership (OGP) Summit 2013, London, Inggris sebagai salah satu dari tujuh best practice pemerintahan terbuka di dunia versi OGP. Dalam waktu yang terhitung masih muda, LAPOR! sudah mendorong beberapa terobosan dan kisah sukses dalam perbaikan tata kelola pemerintahan, seperti penuntasan permasalahan di Badan Pertanahan Nasional yang hanya membutuhkan waktu 51 menit; whistleblowing di salah satu Kementerian yang berakhir pada pencopotan pejabat eselon satu yang terbukti melakukan penyalahgunaan wewenang; pembebasan nelayan yang ditangkap di wilayah perbatasan oleh Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kelautan dan Perikanan; penerapan pusat informasi dan monitoring aktual untuk darurat banjir 2013 dan 2014 di DKI Jakarta; hingga penyelesaian masalah infrastruktur jalan, jembatan, dan saluran air yang rusak serta pemberantasan pungli .

Saat ini, LAPOR! menjadi cikal-bakal sistem pengelolaan aspirasi dan pengaduan yang terpadu secara nasional. Simak juga kisah sukses LAPOR! dalam tautan https://lapor.ukp.go.id/lapor/kisah_sukses/kisah-sukses-lapor.html dan video: http://youtu.be/7EE2-UNo3ak

Kami percaya bahwa partisipasi masyarakat di seluruh Indonesia sangat penting dalam mendukung program pembangunan dan pelayanan publik yang transparan dan akuntabel. Tentunya peran serta dari para pegiat di Radio Komunitas juga akan sangat signifikan dalam mengajak masyarakat untuk berpartisipasi langsung mengawal kinerja pemerintah agar melayani warganegaranya dengan prima. Oleh karenanya, izinkan kami menyampaikan informasi ini dan materi sosialisasi tentang LAPOR! (terlampir), yang harapannya dapat bermanfaat bagi masyarakat pendengar setia Radio Komunitas.

Demikian kami sampaikan, terima kasih atas perhatiannya dan kerjasamanya.

Salam,
Pengelola LAPOR! UKP-PPP