Kedatangan tamu dari Komuniti 1 Malaysia dan Pegawai Jabatan Penerangan Malaysia disambut meriah oleh Masyarakat Desa Karanganyar. Rombongan dari Malaysia datang untuk melakukan studi visit dan dialog di Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Lentera Karanganyar Purbalingga. Rombongan terdiri dari 6 orang anggota Komunity 1 Malaysia, 2 Orang Pegawai Jabatan Penerangan Malaysia dan 2 orang Staf Administrasi.

Rombongan didampingi Pejabat dari Kementrian Kominfo RI, Dinhubkominfo Propinsi Jawa Tengah, dan Kadinhubkominfo kota Pekalongan. Turut mendampingi pula Pj. Setda Kabupaten Purbalingga, Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga dan Kadinhubkominfo Kabupaten Purbalingga.
Setibanya di Desa Karanganyar pukul 11.00 WIB hari Kamis kemarin (10/9), rombongan disambut dengan kesenian tradisional “thek-thek” Desa Kalijaran. Kemudian diiring menuju lokasi dialog di halaman Majelis Ta’lim Minhajut Thullab Kaliputat Karanganyar dengan berjalan kaki sepanjang 200 meter.
Dalam perjalanan tersebut, rombongan juga sempat berdialog dengan peserta Sosialisasi Anti Napza oleh KIM Mentari Kaligondang di halaman studio Radio Komunitas Lentera FM. Kemudian menuju Stand Donor Darah KIM Kompak, Stand Produk KIM Purbalinga dan Stand Produk khas Purbalingga dari UMKM Purbalingga yang turut memeriahkan acara kunjugan ini. Sesampainya di Lokasi dialog kemudian disambut dengan lantunan qasidah sholawat Nabi oleh Jama’ah Rebana Sabilul Jannah Kaliputat Karanganyar. Selanjutnya rombongan menuju tribun utama.
Dalam sambutannya, ketua KIM Lentera Karanganyar Pujiarto, S.Pd mengungkapkan kebahagiaan dan ucapan terima kasih atas kehormatan yang diberikan oleh Kementrian Kominfo RI sehingga KIM Lentera menjadi salah satu tujuan Studi Visit delegasi Malaysia. “Kami adalah kelompok masyarakat yang sederhana, tidak ada yang istimewa. Namun diberi kepercayaan untuk menerima kunjungan delegasi Pertukaran Pegawai Malaysia, kami sangat berterima kasih kepada teman-teman dari Kementrian Kominfo dan dari Negeri Malaysia,” ungkap Pujiarto, S.Pd dalam sambutan ucapan selamat datang.
Menurut Eko Slamet Riyanto, Kepala Subdit Layanan Informasi Masyarakat Luar Negeri Direktorat Layanan Informasi International Kominfo RI menyatakan bahwa kerja sama petukaran ini sudah dijalin sejak tahun 1980an guna mempererat hubungan negeri serumpun Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Beberapa waktu yang lalu Delegasi Indonesia juga pernah diundang ke Malaysia dan diwakili oleh KIM Kraton Kidul Kota Pekalongan.
Selaras dengan pernyataan dari pejabat Kominfo RI, Kepala Delegas Malaysia Encik H. Mohamad Nor Aswadi juga mengungkapkan hal yang sama. Karena memang antara Indonesia dan Malaysia banyak kesamaan. “Di Negeri kami ada kesenian Wayang Kulit seperti di Indonesia, tepatnya di nagari Kelantan. Ceritanya pun tentang Tanah Jawa. Hanya bahasanya saja yang berbeda,” ucap Nur Aswadi dalam sambutannya.
Mohamad Nor Aswadi juga menyampaikan kegembiraannya atas sambutan yang diberikan oleh masyarakat yang begitu antusias dan meriah. Dia berharap bisa mengundang rekan-rekan KIM di Purbalingga untuk datang ke Malaysia.
Diakhir acara para delegasi kemudian beramah tamah dan berdialog dengan Pengurus KIM Lentera di “Rumah Hijau”
.