Sebanyak 26 orang kader teknis PNPM Mandiri Perdesaan se Wilayah Kecamatan Karanganyar sangat antusias berlatih mengkases Internet di halaman Kantor Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Dengan menggunakan fasilitas Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) milik Dishubkonminfo Kabupaten Purbalingga sejumlah 4 Unit, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari, yakni hari Rabu dan Kamis, 30 sampai 31 Oktober 2013, dengan nara sumber dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Lentera Desa Karanganyar yang bekerja sama dengan TPM PNPM-MD Kec. Karanganyar Bidang Media Informasi.

“Pelatihan Akses Internet ini merupakan bagian dari Pelatihan Kader Teknis se Kecamatan Karanganyar. Sengaja kami sisipkan kegiatan ini untuk menambah Wawasan para kader teknis, sehingga para Kader Teknis lebih terbuka akses informasinya. Harapan kami selanjutnya, dengan terbukanya akses informasi tersebut, dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan PNPM-MD di wilayah desanya masing-masing. Kami berterima kasih kepada KIM Lentera Karanganyar dan MPLIK yang telah mendukung kegiatan ini”,kata PjOK PNPM MD Kecamatan Karanganyar, Parsi Adi Purwanto, SE.

Lebih lanjut menurut Tofik, TPM Bidang Media PNPM Kec. Karanganyar mengatakan bahwa”Dengan kegiatan ini, kami berharap para pelaku PNPM dapat memanfaatkan akses informasi global seperti internet untuk menumbuh kembangkan potensi serta fungsi startegisnya di masyarakat, sehingga kegiatan pemberdayaan masyarakat yang merupakan ruhnya PNPM ini dapat dilaksanakan dengan baik. Ketika para pelaku PNPM kaya akan informasi, maka mereka dapat menjawab persoalan-persoalan yang ada di tengah masyarakat dengan mudah. Nah, melalui pelatihan ini adalah salah satu upaya agar mereka bisa memanfaatkan media informasi internet”

Disamping diberikan materi teknis mengakses internet, para peserta juga diberikan materi tentang Kampanye Internet Sehat, Cara mengakses Internet dengan bijak, dan Perlunya Pendampingan Anak dalam mengakses Internet oleh Pemateri dari KIM Lentera Karanganyar

Diakhir sesi para peserta latihan praktek membuat email, kemudian email tersebut digunakan untuk membuat sebuah akun di jejaring sosial facebook, sehingga terbentuklah grup facebook PNPM-MD Kecamatan Karanganyar yang beranggotakan kader-kader teknis dan KPMD, Pemerhati dan para Pelaku  PNPM se wilayah kecamatan Karanganyar sebagai media informasi dan komunikasi. Para Pelaku PNPM dapat mengakses grup tersebut di http://www.facebook.com/groups/pnpm.karanganyarpbg/

 

(TOFIK/SEK. KIM LENTERA)