Bertempat di Ruang pertemuan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Grobogan lantai tiga pada hari Senin kemarin (30/10) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se Kabupaten Grobogan mengikuti pembinaan yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Grobogan dengan mengundang KIM Lentera Karanganyar Purbalingga Jawa Tengah.

Pembinaan KIM tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Grobogan, Wiku Handoyo. Dalam sambutannya  Kepala Diskominfo menegaskan agar anggota KIM meneladani semangat KIM Lentera yang terus berupaya untuk mempublikasikan informasi kepada masyarakat.   “ Mari semua teman-teman KIM untuk mencontoh kreativitas KIM Lentera yang terus berupaya menjadi penyebar informasi dan agar produk UMKM yang ada di masyarakat bisa kita publikasikan”, sambutnya.

Sementara itu Tofik (39), Sekretaris KIM Lentera yang menjadi KIM terbaik se Provinsi Jawa Tengah tahun 2015, menjelaskan secara rinci sejarah terbentuknya KIM Lentera. ”Dulu kami hanya sebuah komunitas kecil yaitu sebuah komunitas radio yang selalu bersemangat untuk mempromosikan desa kita, akhirnya lambat laun kami di inisiasi oleh Diskominfo Purbalingga menjadi KIM Lentera”,ujarnya.

Perwakilan KIM Crewek Kradenan, Peri Kiswanto, yang ikut dalam pembinaan sempat mengajukan pertanyaan kepada KIM Lentera tentang kiat-kiat untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat.  Pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh Tofik bahwa untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat selain menggunakan sosial media seperti Facebook bisa menggunakan media informasi lainnya yang lebih murah seperti radio. “Radio merupakan media informasi yang murah karena bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat desa”, pungkasnya.

Pembinaan KIM diakhiri dengan pelatihan pengelolaan website KIM oleh perwakilan tim IT Dedi.

Sumber : https://www.kim.grobogan.go.id/