Anggota Kelompok Informasi Masyarkat (KIM) Lentera Desa Karanganyar harus menjadi garda terdepan dalam pengolahan informasi di Desa Karanganyar, pinta Tofik, Sekretris KIM Lentera yang juga Kepala Desa Karanganyar. Hal tersebut diungkapkan pada pertemuan rutin KIM Lentera pada Rabu (1/2) kemarin di Ruang Sekretariat KIM Lentera yang berlamat di RT 005 RW 002 Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Purbalingga. Kepala Desa Karanganyar, Tofik juga meminta kepada seluruh Pengurus dan anggota KIM Lentera untuk berperan akif dalam pembangunan di Desa Karanganyar utamanya dalam hal pemberdayaan masyarakat.
Sebagaimana diketahui, bahwa fungsi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah sebagai mediator dan fasilitator bagi masyarakat dan pemerintah dalam pengelolaan Informasi, maka sudah saatnya KIM lebih aktif dan meningkatkan perannya dalam penyebaran Informasi kepada masyarakat. Mengingat derasnya transformasi Informasi yang saat ini terjadi atas kemajuan teknologi. Sebab, banyak terjadi penyebaran informasi yang menyesatkan (hoax) dan membangun opini negatif kepada masyarakat.
Hal senada juga diungkapkan oleh In’am Birohmatillah, Wakil Ketua KIM Lentera Karanganyar yang juga Anggota DPRD Kabupaten Purbalingga. In’am berpendapat bahwa media informasi seperti media sosial sangat berperan dalam mempengaruhi masyarakat, sehingga perlu diarahkan kepada informasi-informasi yang membangun dan berdampak positif bagi masyarakat.
Lebih lanjut In’am mengingatkan dan mengajak agar semua Anggota KIM Lentera tidak hanya memunculkan ide dan gagasan, tetapi yang lebih penting aksi dari ide atau gagasan itu diwujudkan. Banyak kegiatan-kegiatan yang dapat dilaksanakan untuk membantu masyarakat agar keluar dari permasalahan perekonomian. Dengan fokus ke salah satu kegiatan, In’am yakin akan dapat membantu masyarakat terutama di wilayah Desa Karanganyar keluar dari permasalahan-permasalahan yang diadapinya.
Sementara Pujiarto, S.Pd, Ketua KIM Lentera Karanganyar juga menghimbau agar Program-program KIM Lentera untuk segera dilaksanakan. Termasuk didalamnya adalah program diseminasi (penyebaran) informasi untuk masyarakat baik melalui media pertemuan warga, banner (spanduk), website atau medsos maupun melalui Radio Komunitas Lentera FM Karanganyar.
“Perlu untuk mengupdate informasi dan menyampaikannya kepada masyarakat agar dapat membantu masyarakat menyelesaiakan permasalahan, baik permasalahan sosial maupun permasalahan pribadinya.” ucap Tito dalam sambutan pengantarnya yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi.
Dalam diskusi anggota KIM Lentera Karanganyar disepakati beberapa kegiatan yang akan segera direalisasikan yaitu pelatihan penggunaan media sosial dengan bijak, penyebaran informasi himbauan untuk menjauhi judi/togel serta pembentukan dan peningkatan kelompok-kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Desa Karanganyar. Peningkatan kelompok-kelompok UMKM tersebut yaitu dengan menfasilitasi kelompok UMKM agar mendapatkan pelatihan-pelatihan dari Pemerintah.
Pertemuan KIM Lentera yang merupakan Pertemuan rutin setiap bulan ini dihadiri oleh sekitar 20 orang anggota dan pengurus KIM Lentera Karanganyar. Pertemuan dan diskusi dimulai pukul 21.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB. (TC/2/2017)