Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Lentera Desa Karanganyar Purbalingga menyelenggarakan Pengenalan dan Pelatihan Penggunaan Internet bagi masyarakat desa di Halaman Majelis Ta’lim Minhajut Thullab Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga.

Kegiatan yang bertemakan “Ayo Klik informasi” rencananya dilaksanakan selama 2 hari dimulai hari ini Sabtu (26/10) sampai dengan besok Ahad, tanggal 227 Oktober 2013.

Dengan menggunakan fasilitas 3 buah Mobil Pelayanan Internet Kecamatan (MPLIK) dari Dishubkominfo Purbalingga, para Ibu Rumah Tangga, Anak-anak dan Remaja di lingkungan KIM Lentera Karanganyar yang berjumlah lebih dari 35 orang ini sangat antusias menerima materi Sosialisasi Internet Sehat, Sisi Positif dan Negatif Internet, serta Teknik Menggunakan Internet yang baik dari Tim Pelatih KIM Lentera.

Walaupun sangat kesulitan menggunakan piranti mouse dan mengetik papan tombol keyboard, para Ibu Rumah tangga yang kebanyakan baru pernah menyentuh Laptop tersebut tetap semangat untuk berlatih mengakses internet.

Menurut Ketua KIM Lentera, Tito Pujiarto bahwa, “Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan cara mengakses informasi dari Internet, diharapkan dengan banyaknya informasi yang ada di Internet, mereka dapat mengakses sehingga akan membuka wawasan serta pengalaman bagi masyarakat walaupun tinggal jauh dari kota. Terlebih bagi ibu-ibu yang sangat memerlukan informasi untuk kehidupannya sehari-hari di rumah tangganya, karena kesibukannya akses informasi yang didapat rata-rata terbatas”.

Lebih lanjut, Tito juga menjelaskan bahwa peranan ibu rumah tangga untuk mengawasi anak-anaknya mengakses internet dengan alasan tugas sekolah juga perlu dimaksimalkan, sehingga para ibu paling tidak harus mengenal apa itu internet dan cara penggunaanya, sehingga bisa mendampingi anak-anaknya saat berselancar di dunia maya.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, KIM Lentera merencanakan akan mengadakan pelatihan serupa di waktu-waktu mendatang untuk kelompok masyarakat yang belum tersentuh program ini. Disamping itu, agar masyarakat bisa mengakses internet lebih mudah, KIM Lentera menyediakan Jaringan Internet Wifi/Hostpot gratis di Halaman Sekretariat KIM Lentera, dan akan diperluas di titik-titik yang dianggap strategis.

KIM Lentera Karanganyar optimis, kegiatan tersebut bisa mengoptimalkan kemampuan masyarakat dalam menyerap informasi global, sehingga mereka mampu meningkatkan kemampuan sosial, ekonomi, serta dapat mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi

(TOFIK/SEK. KIM LENTERA)