Semarang—Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga menjadi salah satu Pilot Project penerapan Sistem Informasi Desa (SID).

Untuk memantapkan penerapan SID pada desa Pilot Project, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinpermasdukcapil) Provinsi Jawa Tengah, melaksanakan kegiatan Pelatihan Sistem Informasi Desa Bagi Aparat Kabupaten dan Desa.

Kepala Dinpermasdesdukcapil Jawa Tengah, Sudaryanto mengatakan, kegiatan pelatihan SID tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi soal tata kelola data dari tingkat desa hingga kabupaten.

“Dengan menggunakan SID, diharapkan ada kesamaan data-data baik dari desa, kecamatan hingga kabupaten. Sehingga akan memudahkan arah kebijakan pada masing-masing lokus kerja,” papar Sudaryanto, dalam sambutan pembukaan Pelatihan Sistem Informasi Desa Bagi Aparat Kabupaten dan Desa, Senin (2/7) di Hotel Neo Semarang.

Selama ini, lanjut Sudaryanto, masih banyak data-data lama yang digunakan dalam mengambil kebijakan pemerintah baik pemerintah desa, kecamatan, maupun kabupaten. Sehingga, kebijakan terkesan tidak tepat sasaran.

Penunjukan Desa sebagai pilot project Lanjut Sudaryanto, berdasarkan pada desa-desa yang sudah memiliki jaringan internet, memiliki website desa, dan sudah menerapkan SID.

Sistem Informasi Desa
Sementara itu, Kepala Bidang Teknologi dan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatikan Jawa Tengah, Setyo Irawan mengatakan, Sistem Informasi Desa adalah sebuah sistem yang memuat data-data baik berupa data kependudukan, pendidikan, pekerjaan, dan data-data lain yang diperlukan sebagai dasar untuk mengambil kebijakan pemerintah.

Banyak pengembang SID di Jawa Tengah. Namun, nantinya Pemerintah Provinsi hanya akan menerapkan satu jenis SID agar ada kesamaan pengelolaan data.

“Dengan demikian, nantinya para operator akan satu persepsi dalam mengelola data-data yang masuk dalam SID,” paparnya.

Empat Desa Satu Kabupaten
Desa Dagan bukan satu-satunya desa yang menjadi pilot project penerapan SID di kabupaten Purbalingga.

Bersama tiga desa lainnya, yakni Desa Dagan, Desa Karangtengah, Desa Kalikajar, akan menjadi proyek percontohan penerapan SID.

“Desa-desa yang menjadi pilot project SID, diharapkan nantinya mampu menjadi contoh dalam penerapan SID di desa-desa lainnya,” kata Sapto Warsono, perwakilan Dinpermasdes Kabupaten Purbalingga yang turut dalam pelatihan SID.