Diusianya yang ke 4 (empat) tahun, kiprah dan peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Lentera Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar-Purbalingga semakin nyata.
Hal ini terbukti bertepatan dengan hari ulang tahun KIM Lentera yang ke 4, hari ini Jum’at 3 Pebruari 2017, KIM Lentera mendapat kunjungan dari Tim Balai Pengembangan Media Radio (BPMR) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Yogyakarta.
Seperti diungkapkan oleh Sekretaris KIM Lentera yang kini menjabat sebagai Kepala Desa Karanganyar, Tofik sore tadi “Kedatangan tim BPMR ke KIM Lentera bertujuan untuk menjalin kerjasama terutama dibidang Radio Edukasi atau Pendidikan.” Disamping itu, Tim BPMR yang diwakili oleh Danu Wiratmoko dari Humas BPMR dan Widiyo Prio Pamungkas dari Bidang Analisis Bahan Penyiaran Radio Edukasi datang untuk mendapatkan bahan analisis siaran radio pendidikan. Tim BPMR meminta kepada 15 responden pelajar yang merupakan pendengar setia Radio Komunitas Lentera FM untuk mengisi kuesioner.

Dalam paparan mengenai Radio Lentera, Sekretaris KIM Lentera juga menjelaskan bahwa pengaruh siaran Pendidikan di Radio Lentera untuk masyarakat sangat terasa. Terbukti siaran pendidikan di Radio Lentera FM menempati rating siaran tertinggi.
Sebelumnya, pada tahun 2016 KIM Lentera Karanganyar juga pernah diundang oleh Kementerian Penerangan Malaysia untuk mengadakan kujungan bersama dengan Kementerian Kominfo RI, kesejumlah tempat di Malaysia dan ke Komunity 1 Malaysia).

Tidak hanya itu, KIM Lentera juga kerap dijadikan tempat untuk studi banding oleh sejumlah KIM dari Kabupaten/Kota lain, seperti dari Kabupaten Magelang, Kota Malang, Kota Bandung, Kabupaten Sukoharjo dan lainnya. (*Budhe)