Berita Desa

Desa Karanganyar dilaunching sebagai Desa Digital

29 Desember 2021
SLAMET RIYADI
Dibaca 238 Kali
Desa Karanganyar dilaunching sebagai Desa Digital

PURBALINGGA, Desa Karanganyar dilaunching sebagai Desa Digital oleh Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi. Kegiatan dilaksanakan secara Virtual dari Pendopo Kabupaten Purbalingga dan Aula Balai Desa Karanganyar pada Rabu, 29 Desember 2021.

Desa Karanganyar dilaunching sebagai Desa Digital dikarenakan banyak layanan digital yang dilakukan oleh pemerintah desa dalam melayani masyarakatnya. Kades Karanganyar, Tofik mengatakan tercetus ide pembuatan website desa dikarenakan saat tahun 2016 saat menjadi kepala desa, di desanya hanya ada 5 perangkat desa. Yang kondisinya saat itu sudah cukup berumur sehingga sering terjadi keterlambatan pelayanan kepada masyarakat.

”Setelah aplikasi layanan masyarakat terkait surat menyurat administrasi kependudukan yang dulunya lebih dari 10 menit sekarang kurang 5 menit sudah bisa terlayani,” katanya saat peluncuran desa digital, Rabu (29/12/2021).

Dari pembuatan website desa juga, tambah Tofik bisa untuk memberikan informasi kinerja pemerintah desa baik informasi pembangunan di desa maupun informasi peraturan-peraturan desa. Website desa menjadi alat yang paling tepat untuk mensosialisasikan diseminasi pembangunan desa.

”Di masa pendemi ini kami juga membuat aplikasi layanan mandiri online yang bisa diunduh melalui play store. Masyarakat kini sudah bisa menggunakan layanan surat keterangan secara online,” tambahnya.

Selain itu juga untuk mempromosikan UMKM di desa Tofik membuat aplikasi dengan lapak desa di kolom website desa. Kemudian aplikasi lainnya ada peta digital, aplikasi ini bisa memotret aset desa dan batas desa melalui citra udara.

“Aplikasi ini memuat peta desa yang tersimpan dengan basis data secara titik koordinat. Ada juga aplikasi kampung bakul ajang promosi bagi masyarakat untuk mengumumkan kepada masyarakat terkait produk-produk masyarakat,” katanya.

Mendengar penjelasan Kepala Desa Karanganyar, Bupati Tiwi menginstruksikan kepada Camat Karanganyar untuk bisa menggandeng desa-desa di wilayah Kecamatan untuk mengikuti jejak Desa Karanganyar.

“Kecamatan Karanganyar bisa menjadi salah satu pilot projek digitalisasi desa,” tambahnya.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image