Jemput Bola Vaksinasi di Desa Karanganyar Untuk Kali Pertama

29 November 2021
AGUS RIYANTO
Dibaca 368 Kali
Jemput Bola Vaksinasi di Desa Karanganyar Untuk Kali Pertama

KARANGANYAR – Pemerintah Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga menggencarkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan jemput bola target vaksinasi di wilayah dusun yang ada di Desa Karanganyar. Upaya itu diharapkan mempercepat capaian sasaran vaksinasi bagi lansia dan kelompok rentan, seperti ODGJ dan penyandang disabilitas.

Kepala Desa Karanganyar, Tofik, Jumat (29/11/2021) mengatakan untuk kegiatan vaksinasi di tingkat dusun, Puskesmas Karanganyar telah menugaskan tim vaksinator dan inputing data dari Puskesmas Karanganyar yang di bantu Kader Pembangunan Manusia dari Desa, serta Kader Kesehatan Desa Karanganyar

Ditambahkan, pihaknya melakukan beberapa langkah agar target 70 persen vaksin pada September yang dicanangkan ini, dapat terpenuhi. Salah satunya, dengan mengambil langkah strategis melakukan jemput bola dari dusun ke dusun.

“Kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Desa Karanganyar, dengan prioritas vaksinasi bagi lansia, pralansia, penderita komorbid, disabilitas, dan ODGJ,” katanya.

Kepala Desa Karanganyar menyebutkan, upaya jemput bola dari dusun ke dusun oleh tim vaksinator dari Puskesmas tersebut dinilai sangat efektif. Masyarakat yang belum divaksin bisa langsung didatangi, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Dengan vaksinasi keliling ini, kami merasa capaian vaksin bisa cepat mencapai target. Karena dengan datang ke dusun, selain terjalin kerja sama dengan lintas sektor terkait, juga lebih mendekat ke masyarakat. Sehingga kalangan lansia dan kelompok rentan tidak datang ke Puskesmas, melainkan petugas yang mendatangi mereka,” jelasnya.

 “Kami berharap kesadaran masyarakat untuk vaksin, khususnya masyarakat yang tinggal di dusun bisa terus meningkat, agar bisa segera tercapai herd immunity,” pungkasnya.