Desa Karanganyar tidak akan ada tanpa adanya para pendiri desa, para sesepuh yang sudah bersusah payah membentuk sebuah peradaban di wilayah Desa Karanganyar. Diantara para sesepuh tersebut adalah Eyang Sindupati yang berdasar cerita yang ada, beliau merupakan pendiri Desa Karanganyar.
Demikian pembuka sambutan Kepala Desa Karanganyar, Tofik dalam acara Tarawih dan Silaturahim Pemerintah Desa Karanganyar putaran kedua di Masjid Jami’ Al-Istiqomah Dusun I Desa Karanganyar, Selasa (14/05/2019)
Dijelaskan pula, bahwa Masjid Al Istiqomah ini adalah Masjid tertua di Desa Karanganyar yang menjadi saksi perjuangan para pendiri desa dalam meletakkan nilai-nilai agama dan budaya yang luhur di desa ini.
“Sebagai generasi penerus, kita patut berterima kasih kepada para pendahulu dan pendiri desa ini. Ada Eyang Sindupati, Simbah Kyai Yahya Sepuh, Simbah Kyai Salman Al Farisi dan lain-lain. Cara berterima kasihnya yaitu dengan mengingat perjuangan beliau dan meneruskan cita-cita para pendiri desa, mewujudkan Desa Karanganyar yang sejahtera, aman dan sentosa”, lanjutnya
Agar para generasi penerus tidak lupa dengan Eyang Sindupati, Pemdes Karanganyar telah membangun pagar tralis di makam Eyang Sindupati di Pemakaman Umum Dusun I Desa Karanganyar. Tujuan dibangunnya pagar tralis tersebut sebagai tanda agar tidak mudah dilupakan.
“Kami telah membuatkan pagar teralis agar makam Eyang Sindupati mudah terlihat, sehingga siapapun masyarakat Desa Karanganyar tidak mudah melupakan beliau, sebab belaiu adalah pepunden desa ini.” jelas Tofik
Selanjutnya Tofik mengajak kepada jam’ah Sholat Tarawih untuk tetap menjalin rasa persatuan dan kesatuan guna mewujudkan desa Karanganyar yang Mandiri, bermartabat dan berakhlakul karimah. Apalagi di bulan Ramadlan yang penuh kemuliaan ini, kita harus meningkatkan kebaikan-kebaikan kita agar selesai bulan Ramdlan mendapatkan ampunan dan kasih sayang Alloh SWT.
Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Al Istiqomah, H. Solekhan, S. Sos mengungkapkan rasa terima kasih nya kepada Pemerintah Desa Karanganyar yang telah malaksanakan Tarawih dan Silaturahmi di Masjid Al Istiqomah ini. “Saya berterima kasih kepada Bapak Kepala Desa dan mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila dalam menghormati ataupun menyambut Tim Tarawih dan Silaturahim kirang berkenan dan banyak kekurangan.” ungkapnya.
Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Karanganyar juga memberikan bantuan untuk Masjid Al Istiqomah dan Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Desa Karanganyar juga ikut hadir memberikan bantuan beras kepada Pengurus Suluk Thariqah an Naqsabandiyah Desa Karanganyar

www.iwa.id