Sharing is caring!

Berkaitan dengan prestasi Desa Karanganyar yang meraih penghargaan pada ajang Indonesia Website Award 2018 baru-baru ini, Kepala Desa Karanganyar, Tofik diundang untuk mengisi sebuah acara Talk Show di Radio Gema Soedirman Purbalingga, Senin (30/04/2019).

Acara yang berdurasi sekitar 60 menit tersebut mengulas tentang bagaimana proses yang dalakukan oleh Pemerintah Desa Karanganyar sampai meraih prestasi dalam ajang IWA 2018. Disamping juga membahas tentang apa yang menjadi harapan pemerintah desa Karanganyar atas prestasi tersebut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa Pemerintah Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga menerima anugerah Indonesia Website Award (IWA) untuk website karanganyar.desa.id di Union Space Satrio Tower Lantai 16 Mega Kuningan Jakarta, Sabtu (27/4).

Kepala Desa Karangayar, Tofik berharap penghargaan tersebut memicu dirinya sekaligus desanya untuk terus berinovasi dan semangat membangun desa dengan memanfaatkan teknologi informasi. “Jadi teknologi informasi ibarat sisi mata uang, ada postif dan negatifnya. Sebagai warga desa harus mulai melek teknologi, salah satunya dengan pemanfaatan wesite desa sebagai pusat informasi,” katanya

Tofik menjelaskan, bahwa upaya-upaya untuk pemanfaatan teknologi informasi untuk membantu pemdes dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat sudah banyak dilakukan. Ia pun menyebutkan diantara pemanfaatan IT yang sudah dilaksanakan di Pemdes Karanganyar diataranya yaitu dengan pembangunan Sistem Informasi Desa (SID) untuk tranparansi publik, pelayanan Administrasi kepada masyarakat, statistik desa, dan juga untuk perencanaan pembangunan desa.

Dalam hal pengadministrasian keuangan desa, Pemdes juga sudah menggunakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yag dibangun oleh Departemen Dalam Negeri (Depdagri) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat.

www.iwa.id