Pemerintah Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga menerima anugerah Indonesia Website Award (IWA) untuk website karanganyar.desa.id di Union Space Satrio Tower Lantai 16 Mega Kuningan Jakarta, Sabtu (27/4).

Kepala Desa Karanganyar, Tofik mengaku sangat bersyukur mendapat kesempatan dan penghargaan tesebut “Terimakasih untuk warga desa karanganyar, perangkat atas dukungannya dan Dinas Komunikasi Kabupaten Purbalingga yang telah mendampingi,” ungkap Tofik seusai menerima penghargaan.

Tofik melakukan pendaftaran secara online pada laman https://www.iwa.id/2018 untuk kategori Personal pada Juli 2018. “Selanjutnya pendaftaran diverifikasi dan dinilai oleh panel juri IWA dan sistem rating IWA dengan kriteria penilaian desain, SEO, Aksesibilitas, performa & Konten”, katanya.

IWA merupakan sebuah ajang untuk menghargai bakat dan keterampilan. dalam kreatifitas, desain website, konten, Search Engine Optimization (SEO), user-friendliness, koding, dan lainnya yang diberikan oleh Exabytes Group, sebagai salah satu perusahaan IT terbaik di Asia Tenggara.

Ia berharap penghargaan tersebut memicu dirinya sekaligus desanya untuk terus berinovasi dan semangat membangun desa dengan memanfaatkan teknologi informasi. “Jadi teknologi informasi ibarat sisi mata uang, ada postif dan negatifnya. Sebagai warga desa harus mulai melek teknologi, salah satunya dengan pemanfaatan wesite desa sebagai pusat informasi,” katanya

Sementara itu, Kasi Aplikasi dan Infrastruktur TIK Dinas Kominfo Purbalingga, Baryati mengatakan pemerintah terus melakukan pelatihan dan pendampingan IT kepada masyarakat desa dalam pemanfaatan desa.id .”Untuk Desa Karanganyar kami pernah mengadakan pelatihan dan pendampingan pengisian konten, pelatihan penulisan konten website dengan peserta karangtaruna, IPP NU dan IPNU Desa,” tambahnya.

www.iwa.id