Operator Sistem Informasi Desa (SID) Desa Karanganyar dan Operator SID dari desa-desa Pilot Project se-Jawa Tengah kembali mengikuti Pelatihan Jurnalis Desa yang bertempat di Hotel Neo Candi, Semarang. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermasdesdukcapil) Jawa Tengah dilaksanakan selama 2 hari, Selasa-Rabu (14-15/8/2018). Kegiatan ini diikuti oleh 116 operator Sistem Informasi Desa (SID) dari 29 kabupaten.
Kepala Dispermasdesdikdukcapil Provinsi Jawa Tengah, Drs. Sudaryanto, M.Si dalam membuka kegiatan Pelatihan Jurnalisme Desa ini mengatakan, “Bagi desa pilot project yang mengikuti Pelatihan agar bisa menjadi inspirator bagi desa– desa lain se Jawa Tengah.”
Sudaryanto dalam sambutanya juga menyampaikan bahwa seorang jurnalis desa harus mampu mengetahui dan menyajikan berita yang sarat aktualitas, tidak mengandung ujaran kebencian, tulisan yang bertanggung jawab dan bukan berita palsu atau HOAX. Sehingga dengan adanya jurnalis desa segala potensi desa dapat tergali dan masyarakat luas mampu memperoleh informasi.
Kegiatan ini menjadi lebih menarik karena dihadirkan pula narasumber Ir. Sunaryo, MURP, Ph.D, Staff Khusus Gubernur Jawa Tengah dan Agus Widyanto wartawan senior dari Suara Merdeka.
Staf Khusus Gubernur Jawa Tengah, Ir. Sunaryo, MURP, Ph.D menjelaskan tentang visi-misi Gubernur Jawa Tengah “Menuju Jateng Sejahtera, Berdikari”. Sunaryo memaparkan dengan jelas bahwa dengan data base yang dimiliki saat ini, pemerintah provinsi berusaha mewujudkan masyarakat Jateng yang sejahtera dengan tercukupinya kebutuhan dasar dengan mengukur kekuatan sendiri (berdikari). “Untuk itu jurnalis desa sebagai sosial control, dapat membantu pemerintah dalam penyiapan data dengan sumber yang jelas, bisa dipertanggungjawabkan dan berkualitas,” tandasnya.
Hadir pula dalam pelatihan tersebut Agus Widyanto, Praktisi Media dari Suara Merdeka Network. Dalam paparannya menjelaskan bahwa jurnalisme desa di masa kini dapat dimulai dengan memfoto dan menulis apa saja yang ada di Desa. Kemudian perlahan mulai mempertimbangkan news value agar berita yang ditampilkan tidak menjadi “sampah berita”.
Selain Operator SID Desa Karanganyar, peserta dari Kabupaten Purbalingga yang mengikuti pelatihan tersebut adalah Operator SID dari Desa Karangtengah Kecamatan Kertanegara, Desa Dagan Kecamatan Bobotsari, Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang serta pejabat dari Dinpermasdes Kabupaten Purbalingga. Empat desa tersebut merupakan desa Pilot Project SID di Kabupaten Purbalingga. (MUL)

www.iwa.id