Salah satu tugas Camat adalah melakukan pembinaan penyelenggaran Pemerintah Desa di Wilayah kerjanya. Sebagai bentuk pelaksaan program kerjanya, Camat Karanganyar, pandi, S.Sos menugaskan Tim Pembina dari Pemerintah Kecamatan Karanganyar untuk melakukan Pembinaan dan Monitoring di Desa-desa di Kecamatan Karanganyar. Tim yang berjumlah 7 (tujuh) orang terdiri dari Sekretaris Kecamatan (Sekcam) dan didampingi oleh para Kepala Seksi (Kasi) dan Staffnya serta Pendamping Desa melakukan pembinaan di Desa Karanganyar pada hari Rabu (1/3) kemarin
Menurut Sekcam Karanganyar, Sutarno menjelaskan bahwa tujuan pembinaan adalah melihat sejauh mana pengisian buku-buku administrasi desa yang ada, pengurusan surat-surat serta administrasi dan fisik yang berkaitan dengan Pembangunan di Desa pada tahun 2016.
Pada kesempatan tersebut Tim menanyakan kepada Perangkat Desa tentang pengisian buku-buku administrasi desa yang dipegangnya antara lain Buku Adminisrasi Umum, Administrasi Pemerintahan, Administrasi Pembangunan, Administrasi Keuangan serta Buku Administrasi BPD.

Dalam pelaksanaan pembinaan administrasi ini hadir pula seluruh Perangkat Desa Karanganyar. Kepala Desa Karanganyar, Tofik mengatakan “Salah satu kendala utama yang sangat terasa adalah kurangnya tenaga Administrasi di Desa Karanganyar, sebab dari 5 (lima) posisi Kepala Urusan (Kaur) hanya terisi 2 (dua) Kaur saja, yaitu Kaur Kesra dan Kaur Pembangunan.”
Namun, menurut Tofik, Pihaknya berusaha semaksimal mungkin melakukan optimalisasi tenaga yang ada agar semua kewajiban Penyelenggaraan Pemerintahan di Desa tetap berjalan dengan baik.
Di akhir pembinaan Tim membuat kesimpulan/rekomendasi bahwa terhadap pengisian buku-buku administrasi desa yang sudah diisi dengan baik agar lebih ditingkatkan lagi, dan bagi buku yang belum atau sebagian terisi agar ditindalanjuti untuk dikerjakan sesuai dengan ketentuan.
Tim mengatakan bahwa dari hasil pembinaan ini akan ditindaklanjuti dengan Laporan hasil pembinaan yang selanjutnya akan dikirimkan kembali kepada Desa sebagai catatan untuk perbaikan kedepan.