Karanganyar- Hari minggu (26/2/17) Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ananda telah menyelenggarakan salah satu programnya yaitu Funday on Sunday (FOS). Program ini rencananya akan menjadi program mingguan di TBM Ananda. Adapun untuk saat ini, program ini menekankan pada kegiatan belajar Bahasa Inggris dan Science Fun Education untuk anak-anak. Meski baru pertemuan pertama dan peserta yang hanya terdiri dari empat orang, terlihat peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini.
Kegiatan belajar Bahasa Inggris ditujukan untuk umum sehingga dapat juga diikuti dari anak-anak hingga dewasa. Pertemuan pertama belajar Bahasa Inggris dimulai dengan belajar mengucapkan salam dan menyapa (saying hello) serta memperkenalkan diri (Introducing myself). Pembelajaran Bahasa Inggris disini ditekankan pada pembelajaran aktif dimana nantinya peserta diharapkan dapat lebih percaya diri dalam berbicara Bahasa Inggris dengan pengucapan (pronounciation) yang baik dan benar. Peserta diminta untuk lebih sering mempraktekkan daripada menulis ataupun mengerjakan soal sehingga tujuan pembelajaran ini dapat tercapai.
Kegiatan dilanjutkan dengan Science Fun Education, kegiatan eksperimen sederhana tentang sains tentang peristiwa sehari-hari. Eksperimen yang dilakukan pada pertemuan pertama ini adalah kromatografi warna, kapilaritas serta daya tekan air. Kromatografi adalah eksperimen sederhana yang digunakan untuk memisahkan warna primer dari warna –warna sekunder pada tinta. Langkah pertama yang dilakukan a
dalah menyiapkan tisu atau kertas yang ujungnya kita coret dengan tinta spidol, kemudian bagian tisu yang ada coretannya dicelupkan ke air dan tunggu sampai air naik. Ternyata eksperimen ini tidak berhasil karena tinta yang digunakan adalah tinta yang tahan air, oleh karena itu dilanjutkan pada eksperimen kapilaritas.

Kapilaritas adalah gejala naiknya zat cair melalui celah sempit atau pipa kapiler. Alat dan bahan yang diperlukan sama seperti eksperimen sebelumnya yaitu tisu, 2 buah gelas, air, dan 2 pewarna makanan yang berbeda. Gelas diisi air dan pewarna yangberbeda kemudian masukkan tisu dan unggu beberapa saat, air akan naik mewarnai tisu. Eksperimen ini menjelaskan kejadian dalam kehidupan sehari-hari seperti, naiknya minyak tanah pada sumbu lampu minyak, menetesnya air pada ujung kain yang basah, menyebarnya tinta pada kertas dan lain sebagainya.
Eksperimen yang ketiga adalah air dalam gelas yang tidak tumpah ketika dibalik. Hanya dengan menggunakan gelas berisi air yang ditutup kertas, kegiatan mengenalkan bahwa air menekan ke segala arah bisa dilakukan secara menyenangkan. Sekaligus kita juga dapat mengaitkannya dengan kegiatan sehari-hari seperti, tekanan air inilah yang kita rasakan ketika berenang, selain itu pembuatan bendungan dan pemasangan infus juga merupakan pengaplikasian tekanan zat cair. Harapan dari kegiatan ini adalah peserta lebih mengenal sains dan lingkungan sekitarnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari beberapa program yang telah di rancang oleh TBM Ananda. Rencananya program FOS akan dilaksanakan setiap minggu pagi. Program ini diharapkan dapat berkembang tidak hanya untuk anak-anak, tapi juga untuk masyarakat pada umumnya. Tujuan dari program ini antara lain mendukung program literasi yang sudah dicanangkan oleh pemerintah. (*Rani D.)