Pemerintah Desa (Pemdes) Karanganyar kedatangan tim visitasi Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah, Selasa (30/10) di balaidesa Karanganyar. Tim KIP yang juga didampingi oleh pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (dinpermades) dan pejabat Dinas Komunikasi dan Informasi (dinkominfo) Kabupaten Purbalingga melakukan visitasi sebagai tindak lanjut dari verifikasi pemdes Karanganyar dalam hal pelayanan informasi publik.

Desa Karanganyar merupakan satu desa yang masuk dua puluh besar di provinsi Jawa Tengah dalam hal pengelolaan informasi publik. Pemdes Karanganyar divisitasi setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, RSUD dr R Goeteng Taroenadibrata, dan Desa Dagan di hari yang sama.

Kepala Desa Karanganyar, Tofik mengatakan bahwa pemdes Karanganyar akan berusaha memberikan pelayanan informasi publik semaksimal mungkin dan dengan adanya visitasi ini menambah banyak pengetahuan baru bagi pemdes tentang pengelolaan informasi publik. Tofik menambahkan, “pada dasarnya pengelolaan informasi publik di Desa Karanganyar sudah berjalan lama sebelum secara resmi dikeluarkan Surat Keputusan (SK) pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa Karanganyar.
Informasi-informasi pemdes Karanganyar secara menyeluruh bisa diakses oleh semua masyarakat karena sudah tersedia di dalam situs web resmi: karanganyar.desa.id

Komisioner Bidang Edukasi, Sosialisasi dan Advokasi KIP Jawa Tengah, Handoko Agung Saputro SSos menjelaskan, semua masyarakat berhak untuk mendapatkan informasi publik, selain informasi yang dikecualikan dan pemdes berhak menolak memberikan informasi jika permohonan informasi tidak sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

%d blogger menyukai ini: