Pembangunan sarana prasarana jalan desa yang pembiayaannya bersumber dani Dana Desa Tahun 2018 sudah dimulai. Pembangunan tersebut  berupa Pengaspalan Jalan di Dusun 3 dan Dusun 5.
Pemerintah Desa Karanganyar mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 173.221.300 dalam APBDes 2018 untuk Pembangunan Sarana Prasarana Jalan Desa. Anggaran Dana tersebut dialokasikan untuk mengerjakan 3 (tiga) kegiatan pembangunan jalan yaitu Pengaspalan Jalan di Dusun 5, Pengaspalan Jalan di Dusun 3 dan Pembangunan Rabat Beton di Dusun 2.
Kepala Seksi Pembangunan Sarana Fisik, Juari mengatakan bahwa untuk tahap pertama baru dilaksanakan pembangunan jalan di dusun 3 dan dusun 5. Adapun alokasi anggaran dana untuk Pengaspalan Jalan di Dusun 5 sepanjang 190 meter x 2,2 m sebesar Rp. 35.056.700, sedangkan Pengaspalan Jalan di Dusun 3 sepanjang 590 m x 2,5 m sebesar Rp. 110.376.600 termasuk pajak. Sementara pembangunan Rabat beton di dusun 2 sepanjang 146 m x 1,2 m dengan anggaran Rp. 27.788.000 akan dilaksanakan setelah Dana Desa tahap II dicairkan.
“Pembangunan sarana jalan di desa Karanganyar tahun 2018 ini diprioritaskan untuk saran pendukung akses pendidikan dan ibadah. Sehingga dialokasikan di Dusun 3 yang merupakan akses masuk ke Pondok Pesantren Al Mushafiyyah, di dusun 5 untuk akses masuk ke wilayah Masjid Jami’ Al Hidayah dan Rabat Beton di Dusun 2 yang merupakan akses menuju SDN 1 Karanganyar”, kata Kepala Desa Karanganyar Tofik dalam keterangannya.
Tofik menambahkan, jalan yang berada di wilayah dusun 3 dan dusun 2 tersebut disamping akses pendidikan, juga merupakan akses utama ekonomi, sebab digunakan juga untuk akses masyarakat di wilayah tersebut menuju Pasar Karanganyar, yang merupakan sentra utama perdagangan di Desa Karanganyar. Sedangkan jalan yang berada di dusun 5 juga merupakan akses menuju lahan pertanian.
“Kami berharap, dengan ditingkatkannya fasilitas-fasilitas tersebut, masyarakat lebih mudah mengakses sarana-prasarana lain untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka, seperti sarana prasarana pendidikan, sarana prasarana kesehatan dan sarana prasarana perekonomian. Dengan demikain dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambah Tofik

%d blogger menyukai ini: