PURBALINGGA-Dinas Komunikasi dan Informasi dan Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, berkunjung ke KIM Lentera, Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar pada hari Kamis (26/4) kemarin untuk melakukan studi banding terkait dengan pengelolaan KIM
Rombongan disambut oleh Ketua KIM Lentera, Pujiarto dan Pengurus KIM Lentera, Pemerintah Desa, Ketua Tim Penggerak PKK serta Ketua Karang Taruna Sumringah Desa Karanganyar.
“Kami ucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran rekan-rekan Forum KIM Kabupaten Kulon Progo di KIM Lentera, di Rumah Lesehan inilah kami biasa berkumpul untuk ngobrol santai dan diskusi tentang KIM. Mohon maaf jika hanya duduk Lesehan, biar akrab,” kata Pujiarto.
Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Kulonprogo, Heri Darmawan mengatakan, kedatangannya bersama 11 ketua KIM se-Kabupaten Kulonprogo untuk menimba ilmu sekaligus bersilaturahmi.
Heri menyampaikan alasan bahwa dari informasi yang didapat, KIM Lentera merupakan KIM terbaik di tingkat Jawa Tengah, dan pernah diundang oleh KIM Malaysia. “Kami ingin belajar dalam pengelolaan KIM, sehingga selalu bersemangat dan terus meningkatkan kegiatan dalam KIM,” katanya.
Sementara Kasi Komunikasi Publik pada Dinkominfo Purbalingga, Sapto Suhardiyo mengatakan, dalam pengelolaan KIM, Dinkominfo hanya sebagai mediator dan fasilitasor. Keberadaan KIM di tengah masyarakat sangat penting agar informasi dari pemerintah bisa langsung diterima oleh masyarakat.
“Lewat KIM, pemkab bisa menitipkan pesan untuk membendung berita hoaks, ujaran kebencian dan tulisan yang berbau SARA yang selama ini mewarnai beberapa laman di media sosial,” ujarnya. Sekretaris KIM Lentera Tofik mengatakan, KIM mempunyai fungsi diseminasi informasi dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat.
Prinsip KIM bagaimana bisa mengembangkan diri dan bisa memengaruhi masyarakat, serta menggerakannya untuk kegiatan yang kemasyarakatan dan keagamaan.
“Pengelolaan KIM lebih penting pada pengembangan pola pikir agar terbuka terhadap informasi dan berbagai perubahan yang ada. KIM harus bisa menginisiasi kegiatan masyarakat,” kata Kades Karanganyar ini.

%d blogger menyukai ini: