Bertempat di Balai Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga, Senin (29/01) Pendamping Lokal Desa menggelar pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Acara tersebut dihadiri sekaligus dibuka Sujatno S.Sos, Kasi Pemerintahan Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga.
Dalam sambutanya, Sujatno menyampaikan hal yang baik dengan hadirnya para pendamping lokal desa di wilayah kabupaten Purbalingga, karena dianggap membantu desa dalam kegiatan pemerintah Desa.
Selain Sujatno, juga tampak hadir dalam acara tersebut, Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Purbalingga, Indra Gunawan ( TA Pelayanan Sosial Dasar) dan Mohamad Ulil Albab (TA Pemberdayaan partisipatif) yang menyambut baik langkah PLD mengadakan Pelatihan Siskeudes.
Siskuedes adalah Aplikasi BPKP sebagai standar Pelaporan APBDES, atau tata kelola keuangan Desa yang diperuntukan untk desa sehingga akan dapat membantu mempermudah dalam tata kelola keuangan dan Penyusunan APBDES.
Sementara itu, Aris Yudirianto selaku Koordinator Kabupaten mengatakan bahwa menjadi pendamping itu harus punya kwalitas serta mampu berperan dalam pembangunan desa, terutama mengarahkan program program yang diprioritaskan oleh pemerintah.
Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan itu adalah Kepala Desa Karanganyar, Tofik yang merupakan Kades kreatif dan inovatif dan narasumber lainnya Yusufi Syamsi, perangkat Desa Bungkanel Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga. (wartaandalas.com)

%d blogger menyukai ini: