Namanya cukup singkat “Tofik” kami biasa memanggil “Lik Topik” resmi menjadi Kepala Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, sejak satu tahun lalu, tepatnya dilantik pada tanggal16 Desember 2016 lalu.

“Surat pertama yang saya tandatangani saat baru menjadi Kepala Desa yaitu “Surat Permohonan Hosting dan domain desa.id”,  kata Tofik saat memberikan testimoni Pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID) pada acara Sosialisasi SID yang diselenggarakan oleh Dinpermasdes Kabupaten Purbalingga, Selasa (19/12/17)

Hal ini menunjukkan komitmennya yang tinggi terhadap penggunaan Teknologi dan Informasi (TI) untuk mendukung kinerjanya selaku Kepala Desa.

Apalagi saat ini Pemerintah Desa Karanganyar hanya memiliki dua orang Perangkat Desa tenaga Administrasi. Untuk jabatan Sekretaris Desa dan 4 perangkat Desa lainnya sejak tahun 2013 mengalami kekosongan sebagian karena purna tugas.

Dengan keterbatasan jumlah SDM yang ada, yang terpikir pertama kali oleh Tofik adalah memaksimalkan kinerja SDM yang ada dengan alat bantu berupa Teknologi Informasi.

Setelah Permohonan hosting dan domain desa.id dengan alamat akses karanganyar.desa.id disetujui dan dapat diakses, Tofik langsung menerapkan pelayanan administrasi baik berupa surat pengantar maupun surat keterangan lainnya secara online dengan aplikasi yang diunduh dari openSID.

Untuk mempermudah dan mempercepat input data penduduk yang salah satunya digunakan untuk pelayanan pembuatan administrasi kepada warga Desa Karanganyar, Tofik membuat MOU tentang penggunaan dan akses data penduduk dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Selain untuk pelayanan administrasi, aplikasi yang digunakan Pemerintah Desa Karanganyar dengan alamat akses sid.karanganyar.desa.id juga memuat informasi tentang jumlah penduduk yang informasinya selalu update karena terintegrasi dengan pelayanan administrasi kependudukan.
Sedangkan website karanganyar.desa.id digunakan sebagai media untuk publikasi program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemdes serta sebagai media keterbukaan informasi dan transparansi anggaran yang diakui oleh Tofik, mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Pemdes Karanganyar.

Kecintaan Tofik terhadap TI dan semangatnya untuk selalu bermanfaat bagi sesama dibuktikan melalui kiprahnya dibidang TI jauh hari sebelum dirinya menjadi Kepala Desa. Sejak 5 tahun lalu Tofik tercatat sebagai Sekretaris Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Lentera Desa Karanganyar yang kala itu merupakan salah satu binaan dan menjadi mitra Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Purbalingga.

KIM Lentera Desa Karanganyar kala itu pernah meraih juara 1 tingkat Provinsi Jawa Tengah pada ajang Pameran KIM dengan tema Pemanfaatan TIK untuk promosi produk. Bahkan KIM Lentera pernah menjadi lokasi “Studi Visit Kementerian Penerangan dan Komunity 1 Malaysia”.  Dan Tofik pernah diundang untuk kunjungan balasan ke Komunity 1 Malaysia dengan biaya sepenuhnya ditanggung oleh Kementerian Penerangan Malaysia. (bralink.id)

Sumber : bralink.id

%d blogger menyukai ini: